Tentang EBOOK..

BookJaman sekarang ini memang serba digital, praktis dan mudah. Ipad yang tahun lalu bikin “heboh” industri gadget, telah cukup mempopulerkan ebook. Yupz, ipad memang dapat digunakan sebagai “pembaca” ebook;  buku “digital” yang mudah dibawa kemanapun, kapanpun, berapapun jumlahnya. Berikut kajian pustaka penulis tentang ebook, yang diringkas dari penelitian skripsi penulis.

1. Definisi Ebook
Secara harfiah, ebook berasal dari dua kata dasar bahasa Inggris, yaitu “e” (elektronik) dan “book” (buku). Ebook adalah buku cetak yang diubah ke dalam format digital melalui proses digitalisasi sehingga buku tersebut dapat ditampilkan pada komputer (Carjaval 1999) dalam Shiratuddin (2003). Pengertian serupa juga dikemukakan dalam beberapa kamus online, yaitu ditemukan bahwa ebook adalah buku yang dikonversi dalam bentuk digital, yang dapat dibaca dengan menggunakan komputer atau alat pembaca khusus (highered.mcgraw-hill.com/sites/0072407662/student_view0/glossary.html, http://www.merriam-webster.com/dictionary/ebook).

2. Format Ebook

Plain text (ascii)

Format yang paling sederhana dalam format teks biasa, atau lebih sering disebut plain text atau ascii. Format ini digunakan jika tulisan tidak memiliki gambar atau ilustrasi lain. Awalnya format ascii ini digunakan pada project guttenberg, yang bertujuan untuk mendistribusikan buku gratis. Plain text merupakan format universal.

Doc dan rtf (rich text format)

Format doc merupakan standar word processor yang digunakan di seluruh dunia. Format doc ini dapat digunakan untuk menyampaikan tulisan yang memiliki layout sederhana.. Begitu pula dengan rtf, dapat dibuka di apikasi pengolah kata mana pun, baik microsoft maupun open source.

PDF (Portable File Document)

Format pdf adalah format ebook yang paling banyak digunakan. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 oleh perusahaan adobe acrobat. Pdf merupakan sebuah format untuk menampilkan dan mencetak dokumen serta pertukaran informasi dalam bentuk digital (http://www.adobe.com/pdf/about/history).

Markup language

Hypertext markup languange (html) muncul di dunia internet sebagai standar untuk menampilkan tulisan. Html merupakan sebuah subset dari sgml (standard generalized markup language) yang dipopulerkan oleh tim berners-lee, penemu world wide web (www). Html memiliki beberapa batasan sehingga mulailah muncul xml (extended markup language) dan bahasa lain yang berbasis xml (rahardjo, 2002).

Mobi (mobipocket)

Format yang diciptakan oleh Mobipocket ini bisa digunakan pada PC dan beberapa macam smartphone atau PDA berbasis Window.

Flipbook

Flip book adalah buku yang halamannya berkaitan melalui animasi yang dapat ditarik/dibalik, pada saat bersamaan, di setiap halaman. Saat membalik halaman dengan cepat, maka gambar terlihat bergerak. (sumber: http://animation.about.com/od/glossaryofterms/g/flipbook_def.htm)

3. Sejarah Perkembangan Ebook dan Perangkat Pembacanya

sejarah perkembangan ebook

sejarah perkembangan ebook


4. “Tempat” Ebook

Cita Cinta menulis bahwa beberapa situs terbaik yang menawarkan ebook adalah:

  • Amazon: Pastinya, situs belanja online populer ini menjual ebook. Tapi, kalau kita jeli, ada yang gratis, tuh.
  • Project Gutenberg: Terdapat jutaan ebook gratis, rata-rata dalam format text dan HTML. Ada juga buku-buku klasik yang terbit sebelum tahun 1923.
  • Wowio: Ebook berbagai tema dan format bisa didapatkan gratis dengan mendaftar dahulu.
  • The Internet Archive: Memuat buku-buku perpustakaan dari berbagai penjuru dunia yang dipindai dan diubah jadi berbagai format e-book, termasuk PDF. Ada 500 juta judul dan bakal terus bertambah. Semua gratis!
  • Baen Free Library: Pencinta fiksi ilmiah wajib mampir ke situs ini. Baen memiliki ebook – ebook pilihan bergenre fiksi dan fantasi yang bisa didownload dengan gratis.
  • Free-eBooks.net: Dengan sedikit kesabaran dan ketelitian, kita bisa menemukan beragam buku-buku berkualitas .
  • Web Warrior Tools: Ebook – ebook panduan mengelola email, podcasting, membuat situs, dan tema-tema sejenisnya tersedia lengkap di sini.
  • Memoware: Tersedia beragam ebook gratis dalam format beragam untuk berbagai gadget. Juga, link ke situs-situs toko buku terkemuka agar dapat belanja buku online.
  • Fictionwise: Toko buku ebook khusus genre fiksi ilmiah. Cek juga bagian free ebooks untuk mendapatkan ebook gratis dari koleksi situs ini.

Sumber:

  • Skripsi Penulis (Rachma)

One thought on “Tentang EBOOK..

  1. Pingback: Daftar Pustaka | citranopiani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s