Tips cas cis cus bahasa Inggris..

Sekedar share, sedikit pengalaman tentang belajar bahasa asing yang sudah meng-global ini: English a.k.a bahasa Inggris. Teringat saat tahun 2008/2009, saat masih bergabung dengan tim asbasdat di kampus tercinta, saat itu ada conversation course, dengan pengajar dari jurusan Bahasa Inggris UPI dan peserta tim asbasdat. Masih teringat betapa groginya saya saat itu. Tergagap-gagap berbicara dalam bahasa Inggris di depan umum. Padahal hanya di dalam kelas dengan beberapa orang (gak sampai 20 orang!) dan itu bukanlah yang pertama kalinya bagi saya. Saya sudah mengikuti les bahasa Inggris di LPIA saat SMP dan LIA saat SMA. Tapi memang sayangnya, saat kuliah bahasa Inggris saya cenderung pasif, hanya belajar dari novel, film, lagu-lagu dan buku-buku kuliah berbahasa Inggris yang tebel-tebel sampe bisa dijadiin bantal ZZzzzzz, walhasil grogi saat ngomong bahasa Inggris langsung di depan umum.

Lantas, dari pengalaman tersebut, saya menggebu-gebu termotivasi ingin lancar ngomong bahasa Inggris tanpa grogi dan tergagap-gagap kayak azis gagap (itu loooh OVJ). You wanna know what i have been doing???

Well.. suatu hari, secara tidak sengaja (mungkin ini yang namanya takdir). Saya berkenalan dengan orang asing di sebuah cafe di Bandung. Teman-teman saya, mendorong saya untuk berkenalan dengannya. Akhirnya dengan segenap kemampuan jiwa dan raga dan seluruh keberanian (lebay.com :-p) saya memberanikan diri menyapanya. Hanya menyapanya saudara-saudara! Then, he asked me joined on his table with his friends. Wow, it was really cool. Yeah, just say hello, and you got a new friend from other country..

I, him, and two of his friends, talked about music first, then he asked me what’s my occupation, etc.. It was my first time experienced,, pertama kalinya “say hello” dgn bule. Saat itu sih bener-bener sangaaat mendebarkan. Dagdigdugdigdagdigdug.. but after that,, i was soooo really happy..

On next day, he asked me for had coffee break.. You know what? coffee break meansdating“; someone is interested to someone he asked for coffee berak-in bule culture. Ya, menurut film-film yang saya tonton loh, ajakan coffee break itu semacam ajakan untuk nge-date. Berarti dia tertarik dengan seseorang yang diajaknya itu. Laki-laki mengajak perempuan, ataupun perempuan mengajak laki-laki, tidak masalah. Tapi, tentu saja saya malu kalo saya yang pertama menunjukkan ketertarikan. No way.. I dont know.. Mungkin itu semacam tradisi negara kita, perempuan anti-bertindak duluan. Atau itu hanyalah salah satu dari kepribadian saya yang malu-malu.. hahaha

First date with English man was success.. then.. Our relationship became closed.. But unfortunately.. i can’t go on with him. Because of the different about the first pondation between us.

Tapi sejak berhubungan dengan orang Inggris itu, saya gak grogi lagi ngomong bahasa Inggris depan umum. Saya pun gak perlu berpikir lama lagi untuk memulai suatu percakapan dalam bahasa Inggris. Sekarang saya dan dia, masih berteman, tetap indah dengan pertemanan. Jadi kesimpulannya, selalu ambil sisi positif-nya:)

6 thoughts on “Tips cas cis cus bahasa Inggris..

  1. ga usah grogi emang kalau ngomong bahasa inggris mah, saya pun blak-blakan aja, biaran rada2 ada dialek sundanya, grammar kacau ga usah dipikirin.

    tukang review dari kaskus lagi survey ni😀

    • Bener banget kang, yang penting ngomong aja dulu.. masalah grammar bener/nggaknya kalo dah dipraktekin, ternyata ngerti dgn sendirinya,hehe

      Thank you very much for reviewed this blog🙂 Sering2 mampir yha😀

  2. Wow. Hebat. Setidaknya pernah ngobrol dengan bule.🙂

    Obrolan saya ama bule asli cuma bisa dihitung ama jari dua tangan. Itu termasuk sepupu saya yang blasteran tinggal di Aussie.😆

    Eh eh, “pondation” itu apa ya? Apakag yang dimaksud dalah “foundation”?

    • wah.. hebat..punya sepupu blasteran😀

      ups.. itu termasuk kesalahan teknis karena kebiasaan, maklum urang sunda kan gak bisa bilang “F”..hahaha

      makasih nih kang dah berkunjung + mengoreksi🙂

  3. learn from native is the fastest way lo learn a language. Btw, salam kenal🙂
    Keep blogging

Leave a Reply

