5 Resep Sukses Mark Zuckerberg ..

Resep sukses Mark Zuckerbeg ini saya copas dari detiknet, saya ingin menjadikannya motivasi untuk diri saya sendiri. Mungki ada puluhan resep yang membuat kita sukses, tapi 5 resep ini cukup “kena” jika memang diterapkan🙂

Berikut 5 di antaranya, seperti diungkapkan oleh David Kirkpatrick, penulis buku The Facebook Effect: The Inside Story of the Company That is Connecting the World:

1. Percaya pada dirimu

Nasehat klasik ini memang sangat penting. Keyakinan diri yang sangat besar serta sifat positif membuat Zuckerberg mampu membangun Facebook dari nol. “Zuckerberg punya keyakinan luar biasa bahwa dia mampu membuat impiannya jadi kenyataan,” kata Kirkpatrick.

Kontras dengan citranya yang terlihat arogan di film The Social Network, Zuckerberg sesungguhnya tidak demikian. “Dia hanya seseorang yang sangat percaya diri,” ucap Kirkpatrick.

2. Selesaikan tugasmu, jangan menunggu sampai sempurna

Zuckerberg fokus menyelesaikan sesuatu tanpa ditunda atau menunggu sampai sempurna. Jika ada kesalahan, dia berpikir akan selalu bisa memperbaikinya kemudian. Menurutnya, kesalahan adalah hal wajar.

Menurut Kirkpatrick, Zuckerberg memiliki sebuah filosofi tentang hal ini. Filosofi itu berbunyi, “Selesai itu lebih baik daripada sempurna,”

3. Berpeganglah pada visimu, jangan terpengaruh suara miring

“Zuckerberg dulu berada dalam posisi di mana tiap orang di sekitarnya mengatakan dia akan gagal dan apa yang ingin dicapainya terlampau tinggi,” kata Kirkpatrick. Zuckerberg memang punya impian besar suatu saat Facebook akan digandrungi banyak orang.

Dia sangat yakin dengan visi itu sehingga menolak Yahoo yang ingin membeli Facebook tahun 2006 dengan harga USD 1 miliar. Visinya terbukti, sekarang Facebook memiliki 800 juta pengguna dan nilainya diprediksi USD 100 miliar.

4. Tidak hidup berlebihan

Siapa sangka sampai sekarang, Mark Zuckerberg masih tinggal di rumah sewaan di dekat kantor pusat Facebook. Penampilannya pun biasa-biasa saja. Padahal jumlah kekayaannya mencapai USD 17,5 miliar.

“Dia tidak pernah berlebihan dan pada akhirnya dia bisa saja memberikan semua uangnya,” ucap Kirkpatrick. Ya, Zuckerberg juga dikenal sebagai sosok dermawan. Dia ikut program Giving my Pledge yang menyarankan orang-orang kaya menyumbangkan sebagian besar hartanya.

5. Ikuti passionmu, bukan uang

Kala membangun Facebook, uang bukan tujuan utama Zuckerberg. Dia mengikuti passionnya. Dia sangat bahagia menngoprek Facebook dan menciptakan cara baru untuk membantu orang terkoneksi.

Kesuksesan finansial mungkin akan mengikuti jika seseorang melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan gembira. “Baginya ini bukan tentang uang. Jika Zuckerberg membuat Facebook untuk uang, dia pasti sudah menjualnya beberapa tahun lampau,” pungkas Kirkpatrick.

Yang saya bold itu adalah kata-kata motivasi, yang ada benarnya juga. Percaya pada diri sendiri, buat impian jadi kenyataan. Untuk membuat impian jadi kenyataan perlu kerja keras, usaha dan  doa.

Fokus Menyelesaikan sesuatu tanpa menunggu sempurna atau tanpa menunda. Ini nih sering aq lakukan. Menunda-nuuda pekerjaan, karena ingin hasil yang maksimal (sempurna). Padahal kesempurnaan memang hanya milik Sang Pencipta,  kesalahan memang adalah hal yang sangat wajar.. OK deh kaka Zuckerberg.. semangatnya ini patut ditiru..

Ngomong-ngomong tentang berpegang pada visimu, bener juga. Banyak orang yang meremehkan, termasuk keluarga, jika kita mengungkapkan visi dan impian kita, terutama jika visi tersebut dianggap terlalu berlebihan. Sering denger kan “Jadi orang jangan kebanyakan mimpi!!”.. Menurut saya, impian adalah awal dari kesuksesan. Tanpa impian, tak akan ada komputer, tak akan ada pesawat terbang, bahkan tak akan ada kemajuan. Impian.. Mari bermimpi.. dan mewuwudkannya menjadi kenyataan.

Hidup sederhana, tidak berlebihan, memang sudah dicontohkan oleh Rasul SAW. Untuk teman-teman yang muslim tentu tahu bagaimana sederhananya hidup Rasul, namun memiliki jiwa yang besar.  Bisa dibayangkan, kalau saja anggota DPR yang sudah diberi keperrcayaan oleh rakyat itu hidup sederhana, tak perlu renovasi gedung DPR yang sudah mewah, tak perlu lah renovasi toilet hinggan ber-Milyar2.. Kalau saja mereka hidup sederhana dan uang renovasi tersebut digunakan untuk pembangunan yang lebih penting, misalnya pembangunan jembatan, jalan raya, atau pun sarana transportasi dan sarana umum lainnya. Mungkin, bisa sedikit memajukan Indonesia.. (geregetan lihat ulah para anggota dewan yang terhormat itu *.*)

Eh, jadi ngelantur ngebahas politik. Intinya, jangan tergoda oleh uang, harta, jabatan, kekayaan. Karena uang & materi bukanlah tujuan hidup.. Sebaliknya, uang & materi yang dihambur2kan, dimanfaatkan dengan tidak baik, akan menghancurkan hidupmu. Banyak kan yang bangkrut gara2 boros, punya kartu kredit hingga 7, akhirnya slalu dikejar2 dept kolektor & merasa tidak nyaman. Yeah, sebaiknya memang hidup sederhana saja, yang penting mencukupi dan ingat untuk selalu bersyukur dan berbagi dengan sesama.

Salam Sukses🙂

Rachma.

5 thoughts on “5 Resep Sukses Mark Zuckerberg ..

  1. Mbak Rara, ada di Bandung?🙂

    Nanti minggu 26 feb mau ada kopdar, di Kedai Mangga, seberang Hotel Horison.🙂 Sekitar jam makan siang.🙂 Dateng ya, Mbak.😀

    Rencananya mau ketemu Mbak Ami, dan tentunya yang dateng dari rombongan blogger Bandung adalah blogger yang dateng di kopdar ini.:mrgreen:

  2. Pingback: Kopdar Minggu di Kedai Mangga « Hidup Itu Harus Dinikmati…

  3. Gua juga sering nunda2 pekerjaan nih akibat pengen perfect, tapi akibatnya malah banyak yg tidak selesai, hehehe

    Halo Mbak Rara, salam kenal ;p

  4. yah, Islam memang mengajarkan semua di aspek-aspek kehidupan

  5. sepakat sepaham deh sama zuckerberg … apalagi poin 5🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s