Silaturahmi dan Networking

“Barangsiapa yang ingin diperpanjang umurnya dan diluaskan rezekinya, hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.” (H.R. Bukhari-Muslim).

Hadits tersebut tentu sudah tidak asing lagi, bahwa menyambung silaturahmi mendatangkan rezeki dan memperpanjang umur.

Yang dimaksud panjang umur dalam hadits tersebut, bukan berarti mengubah takdir yang telah Allah tulis. Panjang umur dalam hadits tersebut merupakan makna kiasan yang lebih indah bahwa orang yang rajin bersilaturahi akan selalu diingat nama dan orangnya. Meski ia sudah tiada, setiap orang yang mengenalnya pasti akan terus mengingatnya. Jadi, ia seakan-akan tetap ada di bumi ini.

Konsep silaturahmi memperluas rezeki dalam hadits tersebut juga bukan hanya dalam bentuk Rupiah. Rezeki bisa datang dalam banyak bentuk, modal, pekerjaan, dan sebagainya. Namun, tidak menutup kemugkinan  dari silaturahmi kita bisa meraih miliaran uang. Banyak keuntungan yang didapat dari silaturahmi, bahkan keuntungan yang lebih mahal dari sekedar materi.

AA Gym, dalam bukunya The Power of Network Marketing menyebutkan beberapa keuntungan yang didapat dati ber-silaturahmi, yaitu:

  1. Silaturahmi menghasilkan semangat. Contoh yang paling mudah cobalah bersilaturahmi dengan orang yang sukses dalam hidupnya, insya Allah kita akan termotivasi untuk bisa seperti mereka
  2. Silaturahmi menambah input. Bersilaturahmi dengan hati yang tulus dan ikhlas, karena sebenarnya ada banyak hal menarik yang bisa kita dapatkan.  Tapi, jika hati sejak dari awal sudah dikotori dengan niat yang buruk, segala hal yang bisa menjadi ilmu, malah bisa menjadi bencana. Jadi, semua memang bermula dari niat (hati).
  3. Silaturahmi memunculkan gagasan. Bersilaturahmi adalah saat yang tepat untuk saling berbagi cerita, pengalamanm juga mencurahkan apa yang kita rasakan. Jangan enggan menerima masukan dari orang lain, dan jangan sungkan berbagi gagasan dengan orang lain.
  4. Silaturahmi mengayakan hati. Silaturahmi adalah salah satu cara yang ampuh untuk mencairkan kebekuan hati. Tanpa disadari, silaturahmi mampu menyebarkan cinta dan kasih sayang kepada sesama. Mempererat ukhuwah yang saat ini sangat sulit ditemukan.

Untuk businessmen dan businesswomen, memperluas silaturahmi merupakan kewajiban. Bahkan, jika perlu dilakukan dengan disiplin dan pencatatan yang rapi. Buatlah agenda rutin silaturahmi.

Selamat bersilatirahmi🙂

Sumber: Belajar Bisnis kepada Khadijah (Azti Arlina, 2010) – dengan perubahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s