10 Detik yang Berharga, Simple tapi Penting

Banyak hal yang bisa membuat mood menjadi buruk. Hanya butuh waktu 10 detik, semua keresahan dan kegalauan Anda sirna seketika. Coba deh.

1. 10 detik untuk menghilangkan rasa kesepian. Ketika Anda merasa kesepian, yang perlu dilakukan adalah mandi di bawah pancuran air hangat. Hasil penelitian di Yale University menunjukkan bahwa mandi dengan air hangat bisa mengurangi perasaan kesepian dalam diri seseorang dan membuat tubuh dan pikiran lebih relaks. Dalam waktu singkat, Anda akan merasa lebih baik.

2. 10 detik mengungkap kebohongan seseorang. Merasa bahwa Anda telah dibohongi seseorang? Coba perhatikan tatapan mata orang tersebut, jika matanya mengarah ke atas dan ke kiri, ini adalah sebuah tanda bahwa mereka sedang menggunakan sisi kiri dari otaknya, di mana bagian kiri otak adalah sisi kreatif. Ini berarti mereka memang sedang berkreasi menciptakan suatu karangan. Tampak gelisah dan menghindari tatapan mata juga menjadi sinyal khusus bahwa mereka sedang menyembunyikan sesuatu.

3. 10 detik membangkitkan rasa percaya diri. Sebuah penelitian oleh Brion, Petty, & Wagner pada tahun 2009 mengungkapkan bahwa duduk tegak berpengaruh positif terhadap rasa percaya diri, sementara menunduk lebih memiliki efek sebaliknya. Selain itu, penelitian oleh Amy Cuddy dan Dana Carney di Harvard University telah menunjukkan bahwa menahan “kekuatan postur” selama 120 detik dapat menciptakan peningkatkan 20 persen pada testosteron (membantu untuk meningkatkan kepercayaan) dan penurunan 25 persen dalam kortisol (mengurangi stres). Jadi, mulai sekarang, tegakkan pundak, tarik perut ke dalam, naikkan dagu sedikit, dan berjalanlah dengan tegap. Percayalah orang lain akan melihat Anda sebagai sosok yang penuh percaya diri, enggak kalah sama keluarga Kardashian.

4. 10 detik lepas dari kebosanan. Merasa bosan? Bangkitkan mood dengan sinar matahari. Bukan menyarankan  untuk berjemur diri di siang hari bolong ya, karena bagaimanapun juga sinar matahari di siang hari tidak sehat dan bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit. Tapi, di sisi lain, penelitian menunjukan bahwa sinar matahari pagi dapat menstimulasi zat kimia dalam otak untuk meningkatkan mood. Jadi, berjemurlah sekitar 5-10 menit dan nikmati hangatnya sinar matahari pagi.

5. 10 detik menghadapi seseorang yang menyakiti. Tarik napas dan buang napas perlahan. Jangan biarkan emosi menguasai Anda. Tetaplah bersikap tenang dan dengan santai katakan pada mereka bahawa mereka telah menyakiti perasaan Anda. Menurut sebuah penelitian, 9 dari 10 orang biasanya tak menyadari bahwa ucapannya menyakiti perasaan orang lain dan mereka bersedia untuk minta maaf.  Tapi, jika mereka tak meminta maaf , berarti mereka memang tak penting mendapatkan waktu dan perhatian Anda, jadi silakan meninggalkannya.

6. 10 detik membersihkan kulit. Kulit mulai terasa lebih kotor? Kupas dan potong-potong sebuah apel, lalu usapkan setiap potongan ke wajah Anda, kemudian bilas dengan air dingin. Buah apel diketahui  dapat mengurangi produksi minyak dan membersihkan kulit.

7. 10 detik membuat si dia memberi ciuman. Ketika sedang ngobrol asyik dengan si dia dan menertawakan bersama jokes yang dia buat, coba arahkan kepala Anda  sekitar 30 cm mendekat kepadanya. Jika si dia juga tertarik pada Anda, ia tentu takkan menyia-nyiakan kesempatan yang ada dengan mencium Anda. Kalau pun tidak, ya coba lagi sampai dia benar-benar mencium Anda. Hehehe.

8. 10 detik menghindar dari pertengkaran besar. Anda merasa sangat marah, karena ulah seorang teman atau rekan kerja Anda yang membuat kesal. Menyingkirlah sejenak untuk menenangkan diri. Ketika emosi sudah mereda, cobalah mulai bicara dengan nada tenang. Hindari berteriak, karena ini hanya akan membuat suasana memanas. Berbicara dengan tenang akan membuat Anda lebih berwibawa dibanding berbicara sambil berteriak, hanya akan membuat lawan bicara berada di pihak berlawanan dengan Anda.

9. 10 detik untuk merasa bahagia selalu. Sebuah studi menemukan dari hasil penelitian buku tahunan yang telah berumur 30 tahun, bahwa mereka yang tersenyum di dalam foto hidupnya lebih bahagia dibanding mereka yang tidak tersenyum. Jadi, siapkan senyuman terbaik setiap saat, bukan hanya untuk membuat Anda bahagia, tapi mereka yang mendapatkan senyuman Anda pun akan merasakan manfaatnya. Senyuman dari orang tersayang efek bahagianya sama seperti makan 2000 batang cokelat.

11. 10 detik membuat kesan baik. Bahasa tubuh bisa mengungkapkan banyak tentang diri Anda. Saat berbicara dengan si dia, berbicaralah dengan tenang dan menjaga kontak mata. Jangan lupa tersenyumlah, jadi pendengar yang baik untuk si dia, dan pikirkan setiap kata yang akan Anda ucapkan. Ini akan membuat si dia merasa lebih nyaman bersama Anda.

12. 10 detik lebih optimis. Jika selalu merasa diri Anda tak sebaik orang lain, cobalah luangkan waktu untuk menuliskan setiap kelebihan dan kekurangan diri Anda. Selain itu, tuangkan juga setiap hal yang ada dalam pikiran Anda. Dengan begitu Anda akan lebih mudah melihat sisi positif diri Anda.

Sumber: Chic Mag.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s