Apache Service pada XAMPP Error, Apache shutdown unexpectedly!

error

 

 

Tiba-tiba dibuat panik oleh XAMPP, apache service gak jalan..! Dengan pesan error tersebut, bilang bahwa: “Error: Apache shutdown unexpectedly. This may be due to a blocked port, missing dependencies, improper privileges, a crash, or a shutdown by another method.”

Sempat panik sesaat, namun setelah “menerawang” sana-sini menemukan solusi jitu untuk error tersebut. Ganti port & SSL apache..!

Simple kan? Tapi gimana caranya? Biar gak lupa, sengaja sy posting di sini, kalua suatu saat saya mengalami error yang sama, tinggal buka blog ini😉

Berikut caranya merubah port pada APACHE service di XAMPP:

1. Cari file C:\xampp\apache\conf\httpd.conf  (buka dengan notepad++ atau program sejenisnya)
2. Cari (Ctrl+F) tulisan Listen 80, ganti jadi Listen 8080
3. Cari juga (Ctrl+F) tulisan ServerName localhost:80, ganti jadi ServerName localhost:8080
4. Simpan (ctrl+s)
5. Selanjutnya cari file C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-ssl.conf  (buka dengan notepad++ atau program sejenisnya)
6. Cari tulisan (Ctrl+F) Listen 443, ganti jadi Listen 4499
7. Lagi cari tulisan (Ctrl+F) ServerName localhost:443, ganti jadi ServerName localhost:5050
8. Simpan (ctrl+s)
9. Jalankan apache service. Selamat.. apache service sudah jalan😉
Gampang kan? Cukup merubah port yang ada di file httpd.conf dan httpd-ssl.conf .
Sebenarnya port 8080 merupakan port alternative standar, sementara port SSL bisa diganti dengan port apa saja, misalnya 5050.
Kemungkinan besar sih apache service ini bentrok dengan skype, atau program lainnya, belum tau juga bentrok dengan program apa. Intinya, port default apache service 80; sudah terpakai oleh program lain. Jadi solusinya adalah dengan merubah kedua port tersebut dengan port lain seperti pada langkah-langkah di atas.
Lain kali gak perlu panik lagi deh😀
Salam hangat,
Rachma Rara

 

2 thoughts on “Apache Service pada XAMPP Error, Apache shutdown unexpectedly!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s