Inspirasi berharga dari Kehidupan Mikha Singh

bhaag-milkha-bhaagSetelah semalam nonton film Bhaag Milkha Bhaag yang dalam bahasa Indonesia berrati “Lari Milkha Lari”, aku merasa terdorong dan termotivasi untuk hidup lebih baik lagi. Film yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang atlit lari yang berasal dari India bernama Milkha Singh ini aku rekomendasikan sekali untuk ditonton. Ya walaupun film ini berdurasi sangaaaat panjang, sekitar 3 jam..! Gila kan..

Menurutku sang pemeran utama Farhan Akhtar, sukses memerankan tokoh utama Milkha Singh ini. Aktingnya total sekali..! super.. outstanding for this movie.. Bravo…

Film yang berjudul Bhaag Milkha Bhaag ini diangkat dari kisah nyata Sang Atlit Lari India, Milkha Singh yang mendapat julukan “The Flying Sikh” oleh Jenderal Ayub Khan, Pakistan. Semangat hidup dan perjuangannya patut kita contoh, sebagai generasi muda😀

Milkha Singh harus menghadapi kenyataan pahit, di usianya yang masih sangat muda, bahkan belum remaja, ia harus merelakan kedua orangtua dan saudara-saudara kandungnya pergi untuk selamanya dalam tragedi pemisahan Pakistan dari India. Kejadian tersebut sangat membekas bagi Milka Singh dan menyisakan trauma yang begitu dalam baginya.

Di usianya yang masih sangat muda, ia harus berjuang untuk hidup sendirian. Ia sempat tinggal dengan kakak perempuannya yang telah menikah, dan menjadi pencuri batu bara dari sebuah kereta. Namun, seorang gadis membuatnya jatuh cinta dan mengubah sifat buruknya menjadi lebih baik. Ia berjuang keras untuk mewujudkan tekadnya demi sang pujaan hati.

Dikutip dari situs menxp, berikut rangkuman inspirasi hebat yang bisa didapat dari kisah hidup “The Flying Sikh” Milhka Singh:

1. Keberanian untuk MOVE-ON

Kehilangan keluarga di saat usia masih sangat muda. Bahkan ia menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana keluarganya dibunuh pada tragedi pemberontakan pemisahan Pakistan – India. Hal tersebut membuatnya begitu trauma. Namun, Milkha Singh tidak terus menerus meratapi kesedihannya. Ia terus berjuang hidup, walaupun menjadi pencuri. Hingga suatu hari, ia bertemu dengan seorang gadis yang membuatnya jatuh cinta. Gadis itu merubahnya, membuatnya taubat dan Ia akhirnya menjalani kehidupan yang baik, Milkha Singh mampu membuktikan dirinya bisa berubah menjadi seorang atlit.

Pun ketika Milkha Singh pergi untuk membuktikan kepada gadis pujaan hatinya bahwa ia bisa berubah dengan baik, saat ia kembali untuk menemui gadis itu, ternyata gadis itu telah menikah dengan pria lain (padahal gadis itu berjanji untuk menunggunya).

Untuk kedua kalinya Milkha Singh mengalami patah hati. Namun, ia tidak berlarut-latur dalam kesedihan. Ia mampu membuktikan kepada dunia, bahwa patah hati bukan alasan seseorang untuk berlarut dalam kesedihan. Ia mampu mengubah energi negatif tersebut menjadi energi positif.  Memicunya untuk memecahkan rekor dunia.

2. Jika Kau Gagal, Terus COBA LAGI, lagi, lagi, lagi dan lagi..!

Kehidupan Milkha Singh juga mengajarkan kita untuk tidak menolak kesempatan. Selalu menjawab ya untuk setiap kesempatan yang datang untuk meraih impian kita. Saat Milkha Singh bergabung dengan Angkatan Darat India dan mendapat kesempatan mengikuti lomba lari, ia berusaha utnuk memenangkannya. Hingga saat ia telah menjadi atlet lari dan sempat gagal, ia tidak menyerah. Ia terus berusaha untuk mewujudkan impiannya walaupun telah gagal ketiga kalinya, namun ia berhasil melewatinya dan berhasil memenangkan lomba lari di pertandingan berikutnya.

3. Usaha Lebih Keras, Lebih Cepat dan Lebih Kuat

Milkha Singh menyadari saat ia gagal memenangkan pertandingan lari di Melbourne, ia berusaha keras untuk menjadi pemenang di pertandingan berikutnya. Ia berlatih keras untuk menjadi sprinter terbaik, pelatihan selama lima jam setiap hari di bawah tekanan yang ekstrim. Milkha Singh berlari di bukit, di pasir Yamuna dan bahkan dengan beban kereta meteran pengukur – kadang-kadang muntah darah dan pingsan dalam kelelahan dari pelatihan intensif tersebut. Saat kita ingin meraih impian kita, kita harus berusaha dengan keras dan memberikan diri kita untuk mewujudkannya. Milkha Singh membuktikan usahanya tidak sia-sia. Ia berhasil menjadi sprinter terbaik di pertandingan berikutnya.

4. Jangan Cepat Puas dengan Keberhasilan yang Pernah Diraih

Milkha Singh memenangkan 77 dari 80 perrtandingan lari – dan itu tidak datang dari kepuasan. Entah Commonwealth Games atau Asian Games, Milkha Singh telah memenangkan semua medali – dan terus mendorong dirinya setiap hari. Setiap pemenang dapat mengambil daun dari bukunya dan tidak berhenti ketika pada kemenangan beruntun. Untuk menjadi pemenang, jangan cepat merasa puas terhadap kemenangan yang pernah diraih. Kita harus terus berusaha dan berusaha lebih baik lagi.

5. Keberhasilan lebih dari Medali

Bahkan dengan begitu banyak kemenangan, Milkha Singh tidak memiliki satu medali pun – karena ia murah hati memberikan medalinya untuk Jawaharlal Nehru University. Atlet lain akan memenuhi ruang tamunya dengan piala dan medali, tapi tidak dengan Singh. Ia senang dengan menjadi terkenal, namanya di buku pelajaran sekolah dan sekarang, di film.

Milkha Singh memang merupakan sosok yang penuh inspirasi bagi siapapun. Lima inspirasi berharga ini bisa dijadikan pegangan untuk meraih impian dan keberhasilan  kita. Goodluck😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s