Mengejar Matahari Pagi di Angkor Wat – part1

Sunrise di Angkor Wat

Sunrise di Angkor Wat

Perjalanan ini bisa dibilang merupakan perjalanan tergila yang pernah aku lakukan, karena merupakan perjalan keduaku ke Angkor Wat..! hahaha. Yup, tapi kali ini khusus mengejar matahari pagi di Angkor Wat..! Aku dan kedua temanku yang sepasang kekasih (well, iya aku jadi tiga roda, hahaha) janjian untuk jalan-jalan ke Angkor Wat di hari Minggu di awal bulan Juni.

Angkor Wat yang terletak di Siem Reap, Kamboja, memang merupakan daya tarik utama Kamboja. Angkor Wat semakin terkenal semenjak digunakan sebagai lokasi syuting film Tomb Raider. Penasaran juga kan seperti apa candi yang paling bersejarah ini..

Untuk temen-temen yang jalan-jalan di Bangkok, atau mau memulai perjalanan ke Angkor Wat via darat dari Bangkok, bisa menggunakan Bus ataupun travel (van/shuttle bus) point to point (seperti travel bandung-jakarta) ke Aranyaprathet (perbatasan Thailand-Kamboja). Menurutku lebih simple dan aman naik van/shuttle bus, dari Bangkok bisa naik di Pratunam, Khao San Road, ataupun Victory Monument. Sebenarnya masih banyak lokasi lainnya untuk naik van ini dari Bangkok, tetapi yang pernah aku naiki dari ketiga tempat tersebut.

Perjalanan Bangkok – Aranyaprathet menggunakan minivans/shuttel bus sekitar 3-4 jam perjalanan dengan harga tiket 240 Baht – 300 Baht (tahun 2014). Lalu, sesampainya di border Aranyaprathet, jalan kaki sekitar 5 menit ke Imigrasi Thailand.

Jadi ingat, banyak sekali blog yang menceritakan tentang SCAM atau penipuan di border Thailand – Kamboja ini. Yup, memang buat kita yang awam, sesampainya di Aranyaprathet (atau orang-orang menyingkatnya Aran) bakalan dihampiri oleh banyak abang-abang Tuk-Tuk ataupun petugas imigrasi gadungan yang ujung-ujungnya menguras uang kita. JANGAN SEKALIPUN PERCAYA kepada mereka. Lebih baik untuk ke gedung imigrasi dari tempat pemberhentian travel/van/shuttle bus, jalan kaki saja. Cari petunjuk gedung imigrasi THAILAND.

Gate Caambodia Border

Gate Cambodia Border

Setelah selesai cap visa di Imigrasi Thailand, lanjutkan saja berjalan kaki keluar imigrasi Thailand dan memasuki gate Cambodia seperti foto di atas. Imigrasi Cambodia terletak tidak jauh dari gate, dengan bangunan casino sepanjang kanan-kiri jalan. Boeder Cambodia, Poipet ini terlihat kumuh, beda sekali dengan Bangkok ataupun Siem Reap.

Perlu diingat bahwa VISA KUNJUNGAN (HOLIDAY) antar negara ASEAN itu GRATIS, jadi kita tidak perlu membayar sepeserpun untuk visa holiday. Bahkan Nanti di tahun 2015, diberlakukan ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015, di mana kita bisa bebas bekerja di negara-negara ASEAN secara legal. Daftar negara-negara sesama ASEAN yang free visa bisa dilihat di sini. Jika ada seseorang yang menawarkan jasa pembuatan Visa dan memungut biaya, jangan PERCAYA. Cukup antri di imigrasi untuk mendapatkan cap visa Thailand atau Cambodia. Sekali lagi, memang benar di perbatasan Thailand-Cambodia poipet ini memang banyak penipuan (scam), tapi bila kita jeli dan pintar memperhatikan sekitar dan membaca situasi, juga hati-hati tentu kita akan terhindar dari penipuan itu🙂.

Setelah cap visa di Imigrasi Cambodia, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Siem Reap dengan bus atau taxi. Bus lebih murah dibanding taxi, tapi tentu saja perjalanan memakan waktu lama.

Informasi dari situs ini, ada beberapa alternatif yang bisa kita ambil untuk pergi ke Siem Reap dari Poipet (Border Cambodia):

  1. Dengan Agen Travel,  Kalau sudah booking perjalanan via group tour (travel agent) kita gak perlu repot-repot lagi cari transportasi yang pas untuk ke Siem Reap, biasanya sudah diatur oleh travel agentnya.
  2. Bus Pemerintah (Government Bus) –  Ini kalo di Indo busnya kita kenal dengan nama DAMRI. Di Cambodia, perjalanan dengan bus pemerintah dari Poipet ke Siem Reap seharga US$ 9. Perjalanan memakan waktu 4 jam atau lebih.
  3. Mini Vans (Shared Vans) – Sama dengan mini vans yang biasa aku gunakan dari Bangkok ke Pattaya atau tempat lainnya di Thailand. Kita juga bisa menggunakan Mini Van dari Poipet ke Siem Reap. Perjalanan sekitar 3 jam dengan harga US $12. Biasanya mini vans akan berhenti dekat hotel tempat kita menginap, tapi kalau diturunkan di terminal bus ataupun point vans ini berhenti, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Angkor Wat dengan Tuk-tuk atau Ojeg.
  4. Taxi / Shared Taxi – Nah, ini yang paling simple, nyaman, cepat dan aman: TAXI. Bahkan, kita bisa meminta supir taxi untuk mengantarkan kita langsung ke tempat pembelian tiket di Angkor Wat dan langsung menuju candi utama Angkor Wat. Biaya Taxi sebesar 1000 THB, atau sekitar 30-40US$. Kalau sendirian, dan ingin sharing dengan penumpang lainnya, biasanya hanya membayar sebesar US$10.

Aku bertiga dengan temanku akhirnya memutuskan naik taxi, saat itu pagi buta, kita terpaksa membayar 1500baht sampai gate ticket Angkor Wat.

Bersambung Part 2😀

4 thoughts on “Mengejar Matahari Pagi di Angkor Wat – part1

  1. Mba Rara,, blog nya lumayan membantu saya yang mau pergi ke kamboja juga,, Mba, saya mau tanya, apabila saya mau naik van menuju kamboja, lebih dekat dari khaosan atau pratunam yaa? pengennya pas saya smpe thai, bisa langsung jalan k kambo.. mohon infonya yaa mba.. makasih sebelumnya

    • Thanks sudah mampir mba Fenny. Btw rasanya sayang melewatkan Bangkok😀

      Tp klo mau langsung ke kamboja, sm saja dari pratunam maupuan khao san road. Hanya saja pratunam lebih dekat.

      Sebenernya ada juga van dr victory monument. Tetapi tidak sy rekomendasikan naik van ke perbatasan kamboja dari victory monument. sy pernah memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan.

  2. kak mau tanya. kalo travel dari Bangkok ke Aran paling pagi ada jam beapa ya? thanks before

    • dari pratunam ada yg berangkat jam 2 & jam 4 pagi (or 4.30pagi), pengalaman sy, dari pratunam ini yang pagi selalu berangkat on time. Nanti berhenti di pasar deket border imigrasi thailand di Aranyaprathet, tinggal jalan sekitar 100 m.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s