Prinsip-Prinsip Desain Multimedia Pembelajaran

Bagi seorang guru maupun pengembang software pembelajaran, penting untuk mengetahui prinsip-prinsip dalam mendesain multimedia pembelajaran. Berikut prinsip-prinsip desain multimedia pembelajaran menurut Richard E. Mayer (2009:93):

a)      Prinsip multimedia:

murid-murid bisa belajar lebih baik dari kata-kata dan gambar-gambar dari pada kata-kata saja.

b)      Prinsip kedekatan ruang:

murid-murid bisa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar-gambar terkait disajikan saling berdekatan daripada saat disajikan saling berjauhan dalam halaman atau layar.

c)      Prinsip keterdekatan waktu:

Murid-murid bisa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar-gambar terkait disajikan secara simultan dari pada bergantian.

d)     Prinsip koherensi:

Murid-murid bisa belajar lebih baik jika materi ekstra disisihkan daripada dimasukkan. Prinsip ini dijabarkan menjadi tiga versi yang saling melengkapi, yaitu

(1) pembelajaran si murid akan terganggu jika kata-kata dan gambar-gambar menarik, namun tidak relevan, ditambahkan ke presentasi multimedia,

(2) pembelajaran murid terganggu jika suara dan musik menarik, namun tidak relevan ditambahkan ke presentasi multimedia,

(3) Pembelajaran murid meningkat jika kata-kata, yang tidak diperlukan disingkirkan dari persentase multimedia.

e)      Prinsip modalitas:

Murid bisa belajar lebih baik dari animasi dan narasi daripada dari animasi dan teks on-screen, yakni, murid-murid bisa belajar lebih baik saat kata-kata dalam pesan multimedia disajikan sebagai teks yang terucapkan daripada teks yang tercetak.

f)       Prinsip redudansi:

Murid bisa belajar lebih baik dari animasi dan narasi daripada dari animasi, narasi dan teks.

g)      Prinsip perbedaan individu:

Pengaruh desain lebih kuat bagi murid-murid berpengetahuan  rendah daripada murid-murid bepengetahuan tinggi, dan bagi murid-murid dengan kemampuan spatial tinggi daripada spatial rendah.

Sumber: Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

3 thoughts on “Prinsip-Prinsip Desain Multimedia Pembelajaran

  1. jadi inget dulu waktu SMA pernah membaca soal ini…. 😀

    salam kenal. 😀

Leave a comment